Cross Job atau Salah Jurusan?

salah jurusan tanpa penyesalan

Perjuangan mencari kerja

Lulus dari salah satu jurusan yang bergengsi cukup menjadi beban untukku. Yes, aku lulus dari Teknik Kimia. Dimana ekspektasi kebanyakan orang lulusan Teknik Kimia bisa bekerja di Multinational Company, Oil & Gas Company, etc.

Kenyataan selama kuliah yang jauh dari harapanku (alias susah bangettt) membuatku memutuskan untuk mencari kerja yang tidak sesuai dengan kuliahku. Aku selalu membayangkan untuk bekerja di gedung tinggi, menggunakan baju rapih dan sepatu heels, serta menggunakan make up di wajahku. Akhirnya setelah lulus dari kuliahku, aku melamar pekerjaan dengan persyaratan all major (mostly untuk Management Trainee).

Tapi sekali lagi, kenyataan memang tidak seindah ekspektasi. Aku sudah tidak ingat berapa banyak perusahaan yang aku lamar dan selalu berakhir tanpa kabar baik. Di sisi lain, teman satu angkatan kelulusanku satu persatu sudah mendapatkan pekerjaan. Cukup menjadi pressure untukku pribadi, sempat merasa down, tapi harus bangkit lagi agar bisa mendapatkan pekerjaan.

Salah jurusan tanpa penyesalan

Akhirnya setelah hampir 5 bulan aku menanti, aku mendapatkan tawaran pekerjaan di salah satu bank swasta. Yes, Bank. Sempat dipandang sebelah mata juga awalnya karena lulusan Teknik Kimia kerja di bank? Apalagi bukan bank plat merah ataupun bank yang termasuk dalam 4 besar asset terbesar di Indonesia. Salah jurusan? Aku sudah tidak berfikir macam-macam lagi, yang terpenting saat itu akhirnya aku keterima kerja.

Sekarang sudah lebih dari 4 tahun aku kerja di bank, apakah ada penyesalan? Jujur tidak sama sekali. Lalu apakah aku minder dengan teman-teman yang memutuskan untuk bekerja sesuai jurusan? Ada, tapi hanya sedikit. Karena balik lagi aku tidak merasa ada penyesalan, bahkan aku merasa mendapatkan banyak ilmu baru disini, dan mungkin aku justru menemukan passionku di bidang keuangan ini.

Menurutku, semua kerjaan itu baik (kecuali yang berhubungan dengan kejahatan ataupun yang niatnya buruk yaa..) Semuanya kembali lagi bagaimana kita bisa menyikapinya, bagaimana kita bisa melihat sisi positif dari suatu pekerjaan tersebut. Pada akhirnya, kita yang akan lebih bahagia menjalaninya..

Kategori: Perubahan Karir

Baca Juga:

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments