Mantan Atasan Posesif: Trusted or Toxic?

Membaca kata mantan, hal pertama yang terlintas di benak sebagian besar orang pastinya adalah mantan pasangan. Tapi untuk orang yang sudah pernah bekerja dan pindah perusahaan, kosakata lain yang juga familiar adalah mantan atasan.

Nah, umumnya hubungan dengan mantan atasan itu sebatas hubungan baik, netral atau kurang baik. Tapi ternyata ada juga yang unik, yaitu hubungan toxic. Eh toxic gimana maksudnya? Ada hubungan apa dengan atasan? Hehe jangan mikir negative ya, label toxic ini diberikan untuk mantan atasan yang posesif.

mantan atasan yang posesif

Atasan yang posesif terhadap mantan bawahan

Yap, ternyata bukan mantan pasangan aja yang bisa posesif, tapi mantan atasan juga bisa – dan jujur hal ini jauh lebih menganggu. Mengambil contoh mantan pasangan, seseorang disebut posesif saat merasa ‘memiliki’. Jadi sang mantan atasan, merasa masih memiliki dan berhak untuk… memberikan tugas pada mantan bawahan. Parahnya lagi, ini dilakukan tidak hanya ke satu orang saja, tapi ke beberapa mantan bawahan dan dilakukan berkali-kali.

Di kejadian ini, mantan atasan bekerja di perusahaan yang berbeda dari ‘para korban – termasuk penulis’ dan tidak ada pertukaran apapun yang diberikan, seperti imbalan materiil atau lainnya dari tugas ini. Imbalan yang diterima hanya ucapan terima kasih, atau… permintaan revisi.

Tidak masuk akal rasanya kenapa mantan atasan masih meminta mengerjakan pekerjaan ke korban, apakah belum menemukan team lain yang dapat dipercaya atau mungkin sedang berhemat budget pekerja… Apapun itu, permintaan ini terus berulang dan terasa bagai terror yang sangat membebani. Saatnya bagi para korban untuk kabur!

Untuk sesama karyawan yang sedang ada di posisi ini, we feel you. Tidak mudah untuk kabur bila masih bekerja di bidang industri yang sama, tapi bukan berarti tidak mungkin. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Cara yang halus, frontal, elegan, persuasive atau cara-cara lain. Saat ini penulis sendiri sedang mencoba beberapa cara agar bisa terlepas dari kejadian toxic ini, semoga kita semua sama-sama segera bebas ya!!

-v

Kategori: Drama Kantor

Baca Juga:

Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Nisya
Nisya
8 months ago

Pernah banget ngalamin kayak gini. Menolak secara halus tapi mantan atasan sok bego tetep nyuruh 🙁