Perjalanan Karir Seorang Minoritas

Bukan satu-satunya, tapi gw rasa gw adalah salah satu individu yang minoritas di dunia kerja yang gw jalani saat ini. Sebagai seorang lulusan SMK, gw cukup beruntung bisa kerja sebagai konsultan aplikasi di saat gw belom punya title sarjana. Disini gw akan berbagi perjalanan karir gw bagaimana bisa sampai di posisi gw sekarang, seorang konsultan IT.

Memulai perjalanan karir

Perjalanan karir gw dimulai ketika gw lulus SMK. Gw mendapat kerja sebagai projectionist di salah satu bioskop terbesar di Indonesia. Kalau kalian nggak familiar dengan istilah projectionist, projectionist adalah orang yang setel film di bioskop. Karena ini merupakan pekerjaan pertama gw, saat itu gw cukup terkejut dengan dunia kerja. Kemampuan sosialisasi gw saat itu benar-benar nihil. Selain masalah pengalaman kerja, rata-rata rekan kerja gw disana juga merupakan lulusan sarjana dan ini membuat gw sangat minder selama kerja disitu. Karena minder dan buruknya sosialisasi gw disitu, akhirnya gw dapet prestasi yang belum pernah gw dapetin di kantor-kantor gw kerja setelahnya, gw mendapat SP 2 (Surat Peringatan 2). Meskipun pengalaman bekerja disini tidak terlalu menyenangkan, namun gw mendapat ilmu excel dan outlook yang sangat berguna untuk karir gw selanjutnya.

Setelah resign dari pekerjaan sebagai projectionist, gw sempat menganggur selama 3 bulan sebelum pada akhirnya diterima sebagai operator produksi di salah satu perusahaan elektronik Jepang. Di pabrik elektronik ini gw merasa jauh lebih nyaman kerjanya karena memang tidak diperlukan keahlian khusus untuk kerja sebagai operator produksi. Selain itu, banyak temen-temen yang seumuran juga menjadi salah satu faktor kerja di tempat ini lebih menyenangkan. Namun pada saat itu, mendapatkan status karyawan permanen bagi operator pabrik bukanlah hal yang mudah dan gw mulai berpikir bakal susah kedepannya kalo udah tua tapi abis kontrak sehingga gw mulai berpikir untuk pindah jalur karir.

Pindah haluan dan menetapkan pilihan

Selepas beres kontrak, gw mendapat info mengenai pelatihan web design dengan sertifikasi langsung dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi). Alhamdulillah gw lulus dengan nilai yang cukup memuaskan. Ini merupakan bekal gw untuk berubah haluan karir ke bidang IT dan gw rasa ini salah satu momen yang sangat berpengaruh dalam masa depan karir gw sampai saat ini.

Gw memulai karir IT di sebuah perusahaan penyedia software & service IT. Selama gw bekerja di perusahaan ini, beberapa posisi pernah gw tempati dari mulai Application Support hingga Junior IT PM dan gw cukup enjoy dengan posisi apapun yang diberikan (kecuali PM). Banyak sekali pelajaran yang gw dapatkan di tempat kerja ini, mulai dari pemahaman sistem ERP, komunikasi verbal maupun non verbal, dan yang paling gw suka adalah belajar script SQL. Memang gw udah pernah tau dasarnya waktu pelatihan web sebelumnya, namun rupanya aplikasi di dunia kerja cukup berbeda. Ini sangat terasa ketika gw jadi helpdesk suatu aplikasi yang datanya udah jutaan.

Berlanjut mencari pekerjaan yang lebih baik, gw pindah ke sebuah perusahaan software house & IT konsultan, tempat gw bekerja sampai saat ini. Sampai saat ini, ini merupakan kantor terbaik yang pernah gw singgahi. Walaupun di akhir-akhir ini gw sempet kesel karena tahun lalu udah mau cabut, tapi ditahan sama COO, eh malah COO nya yang cabut pas akhir tahun wkwk.

Lebih dari 10 tahun pengalaman kerja gw di dominasi oleh industri IT. Karena itu, gw sekarang melanjutkan pendidikan gw dengan kuliah di bidang IT. Tidak ada kata terlambat untuk belajar.

Kalo banyak orang bilang kerja lah sesuai passion, tapi kalo lu masih belum tau apa passion lu sekarang, coba kerjain aja apa yang jadi tanggung jawab lu sekarang. Karena ga sedikit juga yang menemukan passionnya setelah mengerjakan apa yang mereka kerjakan saat ini.

Baca Juga:

Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Ardli
Ardli
5 months ago

Bahasanya yang ini ga sebaku artikel lain ✌😅